Resep Cilok Goreng Bandung

cilok bandung,resep cilok
cilok makanan ringan  yang sering di jual di sekolahan, rasanya tidak ada habisnya untuk di buat rumah..rasa saus kacang begitu nikmat dan perpaduan tepung kanji dan tepung terigu yang bisa membuat  kenyal cilok dilidah rasanya ingin membuat mkanan cilok gorng dirumah untuk hidangan santai menonton tv. binggung membuatnya ? resep gimana ? disinilah kami akan berbagai resep cilok goreng bandung yang bisa di buat dirumah sembaring mengisi waktu luang anda...dan bisa di buat di ahkir pekan untuk menikmat bersama kelurga anda.
Bahan Resep Cilok Goreng Bandung :

    200 gram tepung kanji
    200 gram tepung terigu
    2 siung bawang putih haluskan
    1 sendok teh kaldu bubuk
    1/4 sendok teh merica bubuk
    2 batang daun bawang iris halus
    400 ml air,  penambahan diperlukan sampai adonan mudah dibentuk
    1 sendok teh garam
    air untuk merebus

Bahan Saus Kacang :

    150 gram kacang tanah sangrai/goreng lalu haluskan
    1 sendok teh gula pasir
    1 sendok teh cuka
    garam secukupnya
    air secukupnya

Cara membuat saus kacang :

    1.Campur kacang tanah (yang sudah dihaluskan) dengan  cuka, gula pasir, air dan garam.
    2.Panaskan diatas api sebentar hingga mengental.
    3.Jika ingin pedas, campurkan sedikit cabai yang sudah dihaluskan

Cara membuat cilok :

1.Langkah pertama campur tepung kanji dan tepung terigu lalu ayak. selanjutnya tambahkan daun bawang serta bawang putih lalu aduk hingga rata. kemudian Sisihkan dahulu.
    2.Kemudian panaskan air (400ml), tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk (jika suka). Lalu Biarkan air hingga mendidih.
    3.Masukkan air yang masih panas tersebut kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan kalis atau hingga adonan mudah untuk dibentuk. Jika dirasa adonan sudah sudah bisa dibentuk hentikan penambahan air agar adonan tidak terlalu encer.
    4.Ambil adonan sedikit dan bentuk bulat (cilok), lakukan sampai adonan habis.
    5.Kemudian rebus cilok ke dalam air mendidih. Jika cilok mengapung itu menandakan bahwa cilok sudah matang. kemudian Angkat cilok Tersebut lalu tiriskan sesaat sebelum di kukus lagi hingga matang dan empuk.
    6.Jika sudah dikukus dan matang, maka cilok sudah siap digoreng, atau juga bisa langsung disantap dengan cara menyiramnya dengan saus kacang terlebih dahulu

mudahkan resep cilok goreng bandung,pasti anda senang bisa memasak makanan sewaktu zaman sekolah dulu atau maknan yang sering anda beli di jalanan.

No comments:

Post a Comment