Cara membuat Soto Daging Madura

Macam Soto di Indonesia itu banyak sekali. Ada teman yang bilang setiap kota memiliki jenis dan ciri soto. Soto enak dimakan waktu sehabis hujan atau cuaca dingin.
Kali akan membahas Soto Daging Madura. Madura merupakan daerah yang ada di jawa timur tapi beda pulau. kalau biasa Madura terkenal sate tetapi Soto Dagingnya juga tidak mau kalah.


Orang jauh dari asal pasti mencari resep atau cara membuat soto madura, Kali ini resep masakan mak akan membagikan resep soto madura. Simak dan catatan dengan baik bila anda ingin memasak untuk kelurga. Kalau bahan dirumah anda tidak ada bisa buat catatan anda membeli bahan-bahan soto madura. simak dengan baik ya ?

Bahan-bahan Soto Daging Madura

    -500 gr Daging sapi (aku pkai yg daging tanpa lemak)
    -3 liter Air
    -1 tangkai Daun bawang (diiris)
    -2 batang Serai (digeprek)
    -2 1/2 bungkus Penyedap rasa sapi
    -1 sdm Garam
    -3 lembar Daun jeruk (buang tulang daunnya)
Bumbu halus:
    -12 siung Bawang merah
    -9 siung Bawang putih
    -5 butir Kemiri
    -1/2 sdt Ketumbar
    -2 ruas jari Kunyit
    -3 cm Lengkuas
    -3 cm Jahe
    -1 lembar Daun jeruk
Untuk sambal nya:
    -3 buah Cabai merah besar
    -10 buah Cabe rawit (sesuai selera)
    -1 buah Tomat besar
    -3 siung Bawang merah
    -2 siung bawang putih
    -3 butir Kemiri
    -1/2 sdt Garam dan gula
Bahan pelengkap:
    -2 buah Jeruk nipis

Langkah-langkah Cara membuat Soto Daging Madura :
1.Semua bahan di cuci bersih. Rebus ai dalam panci hingga mendidih, sembari menunggu, Potong daging memanjang melawan serat lalu gepuk dg gepukan daging. Bila tidak ada tusuk2 pake garpu. Lalu rendam dengan sedikit perasan air jeruk nipis diamkan lalu cuci bersih.

2.Blender bumbu halus, apabila diuleg sebaiknya bahan direbus dahulu kecuali kemiri, ketumbar. Agar mudah hancur. Setelah halus bumbu ditumis hingga meletup sisih kan

3.Presto daging sapi selama 30menit. Agar lebih cepat empuk.

4.Gunakan air rebusan daging yg sudah disaring sebagai kuah soto. Rebus air dan daging lagi lalu masukan bumbu halus serai, daun jeruk rebus hingga air berkurang. Lalu Buang serai dan Masukan daun bawang, penyedap rasa dan garam, cicipi bila kurang bisa ditambahkan lagi sesuai selera. Sajikan soto dengan perasan jeruk nipis.

 5.Untuk sambal rebus semua bahan sambal setelah itu diuleg dicampur dengan garam dan gula hingga halus.

Bagaimana? mudahkan cara membuat soto madura? tidak sesulit yang anda bayangkan memasak soto madura. Menu ini di buat untk 5 porsi kelurga annda yang bisa disajikan untuk kelurga kecil anda. dengan waktu 45 menit anda sudah biosa meyajikan soto madura untuk kelurga anda. silahakan di bagikan kepada teman, kelurga anda atau saudara-saudara anda resep Soto madura. semoga bermanfaat ya !

No comments:

Post a Comment