Cara Membuat " Bubur Candil- Jawa Barat'


Resepangananemak-memasak atau membuat minuman yang enak dan lezat tidak begitu sulit, asal anda tauh cara membuat atau memasak yang benar. membuat bubur candil itu susah, asal kita mau berusaha untuk mencoba. Bubur candil termasuk makanan tradisional yang banyak peminatnya, karena rasanya enak dan manis di lidah.

Bubur candil ini disajikan dengan kuah santan, kuah santan yang direbus. Candilnya sendiri memiliki bentuk bulat seperti bola dan  direbus dengan air gula hingga matang. rasanya manis dan legit. bubur candil sangat cocok mengganjal perut disaat anda lapar.  Bagi anda yang ingin memasak bubur candil , anda harus teliti dan mengikuti langkah-langkah dengan cermat teliti. Bila anda tidak teliti dan membuat tergesa-gesa tidak sesuai langkah-langkah akan slah, maka berikut ini resep cara membua bubur candil.

Bahan :
-250 gram tepung ketan
-1 sdt air kapur sirih
-gula merah sisir secukupnya
-santan secukupnya,rebus dengan daun pandan dan sedikit agaram
- 2 lembar saun pandan, simpulkan
-garam secukupnya
-air hangat (setengah mendidih )
-tepung ketan secukupnya, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
1. Campur tepung ketan dengan air kapur sirih menjadi satu. tuang air hanggat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan dapat bentuk.
2. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat sebesar kelereng.Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
3. Rebus gula merah dengan air secukupnya hingga gula larut. angkat dan saring air gula.
4. Rebus kembali larutan gula bersama dengan daun pandan hingga mendidih masukkkan bola-bola adonan, masak hingga mengapung dan matang.
5. Tuang larutan tpung ketan,masak hingga mengental dan mendidih kembali. angkat
6. Tuangkan ke dalam mangkuk saji, siramkan santan di atasnya
7. Hidangkan selagi hangat


Untuk mengatasi cadil yang saling tempel trik yang harus dilakukan dengan menambahkan tepung tapioka kedalam bahan untuk membuat candil agar tidak menempel dengan yang lain. selain itu tujuannya agar bola-bola candil tidak begitu alor.  Demikan resep cara membuat bubur candil,semoga resep ini membantu anda.

No comments:

Post a Comment